Cara Setting Widget WordPress dan Menu di WordPress

 Cara Setting Widget WordPress dan menu di WordPress adalah lanjutan dari tutorial saya yang kemarin tentang cara membuat WordPress. Setelah kita setting permalink dan setting WordPress secara umum, agar tampilan blog kita bisa lebih menarik maka kita perlu juga menambahkan menu dan juga widget untuk memudahkan navigasi user dan juga menambahkan space buat memasang iklan nantinya.

Tutorial terbaru tentang topik ini lengkap dengan videonya juga bisa kamu temukan di sini.

Cara Setting Widget WordPress

Untuk mengunjungi halaman pengaturan Widgets di WordPress adalah dengan membuka menu Widgets di bawah tampilan (/wp-admin/widgets.php). Tampilan admin di WordPress 3.8 adalah sebagai berikut;

Cara Setting Widget WordPress

Ada 2 kotak dalam dashboard cara setting widgets WordPress ini, kotak yang bagian kiri adalah daftar widget yang bisa kita pasang di sidebar kita. Sedang bagian yang kanan adalah slot widget yang bisa kita tempati widgets nantinya. Untuk menambahkan widgets tinggal memindahkan kotak yang ada di kiri ke kotak yang ada di kanan.

Beberapa hal yang menjadi catatan adalah;

  • Jumlah dan macm widgets yang bisa kita pasang itu tidak pasti sama antara satu blog dengan blog lainnya. Beberapa plugins yang kita install kadang menambahkan widgets mereka juga untuk menampilkan data yang mereka hasilkan. Dalam gambar di atas contohnya adalah Google Analytics Stats itu, yang menampilkan data tentang pengunjung blog.
  • Tempat/slot widgets juga lain – lain pada situs yang berbeda, bergantung dari themes yang kita gunakan. Bisa saja satu themes memiliki satu area widgets saja, di lain sisi bisa saja ada 13 widgets yang bisa kita pasang (Thematic) atau bahkan puluhan themes sekaligus (Gantry)

Cara Setting Widget WordPress (Judul)

Cara Setting Widget WordPressSebuah widget bisa kita beri title (judul) sendiri biasanya, seperti gambar ini menunjukkan sebuah widget posting terbar/recent post yang saya beri kotak merah. Judulnya secara default adalah recent post itu, tapi kalau mau dirubah jadi “artikel paling anyar” misalnya, adalah dengan mengisi title yang saya beri kotak orange itu.

Kalau kamu memasang Plugin jetpack juga, akan ada setting tambahan tentang widget ini, disebut dengan visibility/setting pemunculan widget, kamu bisa menyembunyikan widget A pada saat posting tentang Themes, dan memunculkannya saat posting tentang Plugins misalnya, bisa juga sebaliknya.

Membuang/Menghapus Sebuah Widgets WordPress

Untuk membuang atau menonaktifkan sebuah widgets WordPress kamu bisa:

1). klik delete pada kotak merah pada gambar sebelumnya jika yakin widgets itu tidak diperlukan lagi.

2). Drag widgets ke bagaian inactive widgets jika nanti ingin digunakan lagi. Jika berganti themes dan jumlah widgets themesnya tidak sama biasanya juga otomatis masuk di sini.

Cara Setting Menu Di WordPress

Cara setting menu di WordPress berada tepat di bawah cara setting widgets, kalau untuk URLnya ada di wp-admin/nav-menus.php (lingkaran merah nomor 1). Tampilan untuk setting menu di WordPress selengkapnya sebagai berikut;

Cara Setting Menu di WordPress

Cara menambah menu baru

Untuk menambah menu baru di WordPress, klik lingkaran merah kedua/create new menu. Lalu akan muncul tampilan seperti berikut;

Cara Setting Menu di WordPress - Membuat MenuKetikkan nama menu baru (tutorialmenu) lalu klik create menu.

Menambahkan Item dalam menu

Untuk menambahkan item, lihat kembali kotak merah pertama pada setting menu di WordPress di atas. Centang kategori yang diinginkan lalu klik add to menu untuk menambahkannya ke menu (kotak orange 1). Sedang untuk menambah custom link seperti link Tutorial WordPress Pemula di blog ini yang mengarah ke sebuah posting, caranya seperti berikut ;

Cara Setting Menu di WordPress - Menambah Menu

Memindah posisi menu

Jika dalam themes kamu ada beberapa posisi menu seperti themes yang saya pakai, kamu bisa memindah dan menukar – nukar posisi menu.

Caranya; lihat gambar setting menu di WordPress tadi lagi, pada kotak orange 2 bisa kamu pindahkan centangnya pada Additional Navigation lalu klik save menu untuk mengganti menu nav ke posisi menu kedua.

Sedang untuk memindah secara bersamaan sebuah menu, bisa melalui tab Manage Location di bagian atas itu. Nanti akan disajikan dalam pilihan drop down untuk pertukaran secara lebih cepat.

Penutup Tutorial Cara Setting Widgets dan Menu WordPress

Dalam beberapa bagian dari tutorial ini saya akui memang ada yang sedikit kurang jelas dan mungkin membingungkan, terutama kalau kamu benar – benar baru tentang WordPress. Saya sudah berusaha memuatnya sesederhana mungkin, tapi kalau masih bingung bisa ditanyakan di komentar.

Tinggalkan komentar